Translate

Senin, 21 Januari 2013

SISTEM OTOMASI PERKANTORAN


Sistem otomasi perkantoran atau terkadang disebut sistem informasi perkantoran (office information system atau OIS) adalah :
Sistem yang memberikan fasilitas tugas-tugas pemrosesan informasi sehari-hari didalam perkantoran dan organisasi bisnis.
Sistem ini menyediakan aneka ragam perangkat untuk pemrosesan informasi, seperti pengolah lembar kerja (spreadsheet), pengolah kata (word processor), pengolah grafik, aplikasi presentasi, pengaksesan basis data personal, surat elektronik (email), surat bersuara (voice mail), dan teleconference. Pengguna sistem ini pada prinsipnya adalah semua personil dalam organisasi, baik staf maupun yang masuk kategori level manajemen.
Contoh pengguna perangkat-perangkat yang mendukung otomasi perkantoran :
Pengolah lembar kerja digunakan menganalisa berbagai kemungkinan harga.
Pengolah kata dipakai untuk membuat kontrak penjualan.
Surat elektronik untuk memberikan deskripsi produk kepada calon pelanggan.
Video konferensi digunakan untuk melakukan pertemuan virtual jarak jauh untuk melakukan koordinasi sejumlah orang yang berada diberbagai tempat yang berjauhan. Dalam hal ini, wajah para anggota (member) dapat terlihat dalam monitor.
Sistem ini sering kali dikatakan dapat mendukung kantor tanpa kerta (paperless office). Artinya, semua yang berbau dokumen kertas dapat dihilangkan.
11 Aplikasi Otomatisasi Perkantoran :
a. Pengolah Kata (Word Processing)
b. Surat Elektronik (Electronic Mail)
c. Surat Bersuara (Voice Mail)
d. Kalender Elektronik (Electronic Calendaring)
e. Konferensi Suara (Audio Conferencing)
f. Konferensi Video (Video Conferencing)
g. Konferensi Komputer (Computer Conferencing)
h. Facsimile (FAX)
i. Videotext
j. Pencitraan (Imaging)
k. Desktop Publishing

Otomatisasi Kantor
Otomatisasi adalah penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yyang biasa dilakukan oleh manusia. Otomatisasi Kantor ( Office Automation atau OA ) adalah semua system elektronik formal dan informasi terutama yyang berkaitan dengan komunikasi kepada dan dari orang yang berada didalam maupun diluar perusahaan. Pengguna Otomatisasi Kantor
Otomatisasi Kantor (OA) digunakan oelh semua orang yang bekerja didalam kantor, pada dasarnya ada empat kategori pemakai OA, yaitu :
1. Manajer
2. Profesional
3. Sekretaris
4. Clerical employee (Clerk)
Istilah “Knowledge worker” diterapkan pada manajer dan professional yaitu orang yang memberikan sumbangan pengetahuan terhadap aktivitas perusahaan.Tujuan Otomatisasi Kantor
Otomatisasi kantor bertujuan untuk meningkatkan produktiovitas. Bila diterapkan sebagai alat pemcah permasalah, otomatisasi kantor dapat memberikan kemampuan antara manajer utnutk saling melakukan komunikasi dengan lebih baik selagi mereka memecahkan masalah. Jenis-Jenis Aplikasi Otomatisasi perkantoran
Ada 11 aplikasi otomatisasi kantoryang telah diketahui, yaitu :
1. Word Processing
2. Elecktronic mail
3. Voice mail
4. Electronic calendaring
5. Audio conferencing
6. Video conferencing
7. Computer Conferencing
8. Facsimile Transmission
9. Videotext
10. Image Strorage and Retrieval
11. Destop Publishing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar