Translate

Jumat, 18 Januari 2013

Berbagai Pengertian Manajemen & Pengertian Kantor

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli :

1.    Mary Parker Follet,mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

2.    Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, danpengontrolansumberdayauntukmencapaisasaran (goals) secaraefektifdanefesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman.
3.    Menurut Oey Liang Gie, Guru besar manajemen UI Manajemen adalah “seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan daripada “human and natural resources” untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu”.

4.    Menurut James A.F.Stoner,manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumberdaya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

5.    Menurut Peter Drucker manajemen adalah Sebuah proses yang dilakaukan oleh satu individu atau lebih individu untuk mengkoordinasikan berbagai aktivitas lain untuk mencapai hasil-hasil yang tak bisa dicapai apabila satu individu bertindak sendiri.

6.    MenurutNickles, McHingh, dan McHugh (1997) management is the process used the accompalish organizational goals through planning, organizing, directing, and controlling people and other organizational resources.Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, danpengendalian orang-orang serta sumberdaya organisasi lainnya.

7.    Menurut Ordway Tead yang disadur oleh Drs. HE. Rosyidi dalam buku “Organisasidan Management “ mendefinisikan bahwa manajemen adalah proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukkan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.

8.    MenurutDrs. Malayu S.P Hasibuan Manajemen adalah ilmu dari seni mengatur proses pemanfaatan SumberDaya Manusia dan sumber-sumber secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.
9.    Menurut  G.R Terry Manajemen adalah suatu proses tertentu yang terdiri dari POAC yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan manusia dan sumberdaya lain.
suatu proses ataukerangkakerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasion yang nyata. Manajemen jugadalah suatu ilmu pengetahuan maupun seni. Seni adalah suatu pengetahuan bagaimana mencapai hasil yang diinginkan atau dalam kata lain seni adalah kecakapan yang diperoleh dari pengalaman, pengamatan dan pelajaran serta kemampuan untuk menggunakan pengetahuan manajemen.

10.    Mary Parker Follet,mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengaturdan mengarahkan orang lain untuk mencapaitujuan organisasi.




Pengertian Kantor :
1.Secara etimoligis kantor berasal dari Belanda: “kantoor”, yang maknanya: ruang tempat bekerja, tempat kedudukan pimpinan, jawatan instansi dan sebagainya.
2.Dalam bahasa Inggeris “office” memiliki makna yaitu: tempat memberikan pelayanan (service), posisi, atau ruang tempat kerja.
3.Sedangkan secara praktis kantor merupakan tempat orang-orang melakukan kegiatan/aktivitas yang berhubungan dengan pelayanan berbagai keterangan pada yang membutuhkannya.
4.Akan tetapi dengan perkembangan yang pesat pada bidang teknologi dewasa ini, kantorpun berkembang, ia bukan sekedar tempat, melainkan sebagai sarana kegiatan penyediaan informasi, guna menunjang kemudahan pelaksanaan tugas disegala bidang. Jadi kantor saat ini merupakan pusat pelayanan dan pusat informasi dari kegiatan perusahaan dan organisasi.
5. Menurut George Terry yang disadur pula oleh The Liang Gie menyatakan “Tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan dalam penggunaan ruang secara terperinci dari ruang ini untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak”.
6. Menurut Littlefield dan Peterson menyatakan “Tata ruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan perabotan dan alt perlengkapan pada luas lantai yang tersedia”.
7. Kantor adalahtempatdiselenggarakannyakegiatantatausaha di manaterdapatketergantungan system antara orang, teknologi, danproseduruntukmenangani data daninformasimulaidarimenerima, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, sampaimenyalurkannya.
8.Pengertian kantor pada umumnya adalah tempat dimana dilakukan berbagai macam kegiatan pelaksanaan organisasi dalam rangka mencapai tujuannya. Akan tetapi dengan perkembangan  pesat dewasa ini, kantor mempunyai makna lebih dari hanya sebagai tempat, melainkan sebagai pusat kegiatan penyediaan informasi, guna menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan di segala bidang.
9.Allausdan Keeling, office is a function where interdependent system of technology, procedures, and people are at work to manage one of the firm’s most vital resources-information.
10.MenurutKamusBesarBahasa Indonesia kantor adalah balai (gedung, rumah, ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan atau juga disebut tempat bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar