Translate

Kamis, 17 Januari 2013

CONTOH MENGANALISIS RPP


Menganalisis RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan muara dari isi pembelajaran Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran. Namun demikian masih ada mahasiswa  dalam pembuatan RPP dalam tugas-tugas Mata kuliah tersebut belum dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Isi RPP yang merupakan perencanaan pembelajaran berisi komponen-komponen  perencanaan pembelajaran dimulai dari SK, KD, tujuan sampai pada evaluasi pembelajarannya. Masing-masing komponen ini saling terkait.

Perhatikan contoh RPP di bawah ini. Analisis masing-masing komponen  dan bagaimana hubungannya.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                         : SMK
Kompetensi Keahlian              : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran                        : Melakukan Prosedur Administrasi
Kelas/Semester                        : XI / I (Satu)
Alokasi Waktu                        : I Pertemuan (3 jp x @45menit)
Pertemuan ke                          : I
KKM                                       : 70
 

Standar Kompetensi   : Melakukan prosedur administrasi
Kompetensi Dasar       : Mengidentifikasi dokumen-dokumen  kantor

INDIKATOR
   1.Hakikat dokumen dan dokumentasi ditelaah dengan pendeskripsian pengertian
   2.Dokumen diidentifikasi berdasar jenis-jenisnya
   3.Dokumentasi ditelaah berdasarkan rangkaian kegiatannya serta  memproses sesuai prosedur      perusahaan

I.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran siswa diharapkan dapat :
·         Mengidentifikasikan dokumen dan dokumentasi kantor
·         Mengidentifikasikan jenis-jenis dokumen
·         Menelaah dokumentasi berdasarkan rangkaian kegiatan dokumentasi serta memproses sesuai dengan prosedur perusahaan

II.  Materi Pokok Pembelajaran
1. Pengertian Dokumen Kantor
2. Penggolongan dokumen kantor
3. Pengertian dokumentasi
4. Kegiatan Dokumentasi

III.         Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab
4.      Studi Kasus
IV.         Langkah-Langkah Pembelajaran
a.       Kegiatan awal
·         Guru mengecek kehadiran siswa (absensi)
·         Guru menginformasikan cara pembelajaran,  cara penilaian, bahan dan alat yang digunakan, serta waktu yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan inti
Pertemuan ke I
·         Eksplorasi :
-          Guru melakukan apersepsi tentang pemahaman siswa sebelum memulai pembelajaran
·         Elaborasi  :
-          Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang materi pengertian hingga pengelolaan dokumen dengan menerapkan prinsip belajar dari aneka sumber
-          Siswa melakukan tanya jawab tentang dokumen beserta jenis-jenisnya
·         Konfirmasi           :
-          Dari hasil tanya jawab, guru memberikan uraian dan penjelasan tentang penanganan pengelolaan dokumen menjadi bahan dokumentasi
-          Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan dan tulisan terhadap keberhasilan siswa
c.       Kegiatan akhir
-          Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan dari materi pada pertemuan hari ini
-          Guru memberikan penilaian terhadap kegiatan siswa dalam pembelajaran
-          Pemberian tugas
V.  Alat, Bahan dan Sumber
ALAT :
·         Perlengkapan kelas
·         Komputer
·         Printer
BAHAN :
·         Instrumen sikap
·         Contoh-contoh Jenis dokumen
·         Kertas
SUMBER BELAJAR :
1.      Administrasi Perkantoran penerbit: HUP
2.      Modul menangani PROSEDUR ADMINISTRASI  penerbit: erlangga
3.      Sumber lain yang relevan

VI.         Penilaian/Evaluasi
1.      Jenis Tes/Penilaian:
-          Kecakapan non akademik seperti kemampuan berkomunikasi dalam melontarkan pendapat atau menjawab pertanyaan
-          Kecakapan akademik seperti mengidentifikasi berbagai jenis dokumen dan melakukan kegiatan rangkaian dokumentasi
-          Diskusi Kelompok
-          Tes tulis

2.      Jenis tugas:
Penugasan Terstruktur (PT): tes tulis  PG dan essay
Tugas Mandiri Tidak Terstruktur (TMTT): mencari pengertian dokumen dan dokumentasi beserta penjabaran nya dari internet.





3.      Pedoman Penilaian
No
Kriteria Penilaian
Bobot
1
Keberanian
40
2
Bahasa
40
3
Ketepatan jawaban
20
Jumlah
100
Nilai = Skor nilai x 100%  = 100
                Jumlah skor



Mengetahui,


Kepala SMK ……………..



………………………….
Bandung,                  Januari 2012


Guru Mata Pelajaran



ANDY FEBRIANDY.S.pd






Analisis saya mengenai RPP  ini :
RPP dikategorikan klasifikasi cukup baik, tetapi perlu diadakan perbaikan/penambahan antara lain:
1. Alokasi waktu dirasa kurang cukup untuk membahas ketiga indikator tersebut, sebaiknya waktunya adalah 3x 45 menit.
2. Elemen-elemen yang ada pada RPP perlu ditambah, antara lain:
A. Tujuan Pembelajaran perlu ditambah, yaitu:
– Menjelaskan pengertian
Dokumen diidentifikasi berdasar jenis-jenisnya
- Menjelaskan fungsi-fungsi Dokumen dan penggolongan nya serta kegiatan dokumentasi
Selanjutnya dalam menjelaskan
dokumen-dokumentasi bisa lebih ditambah media yang menarik agar siwa pun merasa tertarik
B. Materi ajar perlu ditambah, yaitu:
– Pengertian tentang
kegiatan dokumentasi beserta penjelasannya
C. Metode pembelajaran perlu ditambah, yaitu:
– Ceramah bervariasi, demonstrasi, penugasan, tanya jawab, dan diskusi.
D. Langkah-langkah
a) Pendahuluan (8 menit) x 2
– Memeriksa kehadiran siswa
– Apersepsi: Ilustrasi tentang
model dan gambaran dokumen secara nyata yag saat ini banyak dipakai dalam setiap kegiatan organisasi
– Motivasi: Menanyakan contoh dokumen yang kalian hapal tapi belum tahu bentuknya
b) Kegiatan inti (60 menit) x 2
c) Kegiatan akhir (12 menit) x 2
– Membuat resume
– Refleksi dengan meminta siswa untuk menuliskan macam-macam nama
contoh dokumen beserta jenis-jenisnya
– Memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah masing-masing secara individual
E. Alat/Sumber belajar
a) Alat pelajaran yang digunakan: masih bisa dimodifikasi atau ditambahkan agar lebih kreat
if
F.Penilaian
Belum ada kunci jawabannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar