Menganalisis RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) merupakan muara dari isi pembelajaran Mata Kuliah Perencanaan
Pembelajaran. Namun demikian masih ada mahasiswa dalam pembuatan RPP
dalam tugas-tugas Mata kuliah tersebut belum dikerjakan dengan
sebaik-baiknya. Isi RPP yang merupakan perencanaan pembelajaran berisi
komponen-komponen perencanaan pembelajaran dimulai dari SK, KD, tujuan
sampai pada evaluasi pembelajarannya. Masing-masing komponen ini saling
terkait.
Perhatikan contoh RPP di bawah ini. Analisis masing-masing komponen dan bagaimana hubungannya.
Perhatikan contoh RPP di bawah ini. Analisis masing-masing komponen dan bagaimana hubungannya.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK
Kompetensi
Keahlian : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran : Melakukan Prosedur Administrasi
Kelas/Semester :
XI / I (Satu)
Alokasi Waktu : I Pertemuan (3 jp x
@45menit)
Pertemuan ke : I
KKM : 70
Standar
Kompetensi : Melakukan prosedur administrasi
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor
INDIKATOR
1.Hakikat dokumen
dan dokumentasi ditelaah dengan pendeskripsian pengertian
2.Dokumen
diidentifikasi berdasar jenis-jenisnya
3.Dokumentasi
ditelaah berdasarkan rangkaian kegiatannya serta memproses sesuai prosedur perusahaan
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran siswa
diharapkan dapat :
·
Mengidentifikasikan dokumen dan dokumentasi kantor
·
Mengidentifikasikan jenis-jenis dokumen
·
Menelaah dokumentasi berdasarkan rangkaian kegiatan
dokumentasi serta memproses sesuai dengan prosedur perusahaan
II.
Materi
Pokok Pembelajaran
1.
Pengertian Dokumen Kantor
2.
Penggolongan dokumen kantor
3.
Pengertian dokumentasi
4. Kegiatan Dokumentasi
III.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya
jawab
4. Studi
Kasus
IV.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan
awal
·
Guru mengecek kehadiran
siswa (absensi)
·
Guru menginformasikan
cara pembelajaran, cara penilaian, bahan
dan alat yang digunakan, serta waktu yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran
·
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran
b. Kegiatan
inti
Pertemuan ke I
·
Eksplorasi :
-
Guru melakukan apersepsi
tentang pemahaman siswa sebelum memulai pembelajaran
·
Elaborasi :
-
Guru melibatkan peserta
didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang materi pengertian hingga pengelolaan dokumen dengan
menerapkan prinsip belajar dari aneka sumber
-
Siswa melakukan tanya
jawab tentang dokumen beserta
jenis-jenisnya
·
Konfirmasi :
-
Dari hasil tanya jawab,
guru memberikan uraian dan penjelasan tentang penanganan pengelolaan dokumen menjadi bahan dokumentasi
-
Guru memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan dan tulisan terhadap
keberhasilan siswa
c. Kegiatan
akhir
-
Bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan dari materi pada
pertemuan hari ini
-
Guru memberikan
penilaian terhadap kegiatan siswa dalam pembelajaran
-
Pemberian tugas
V.
Alat,
Bahan dan Sumber
ALAT :
·
Perlengkapan
kelas
·
Komputer
·
Printer
BAHAN :
·
Instrumen sikap
·
Contoh-contoh
Jenis dokumen
·
Kertas
SUMBER BELAJAR :
1. Administrasi
Perkantoran penerbit: HUP
2. Modul
menangani PROSEDUR ADMINISTRASI penerbit: erlangga
3. Sumber
lain yang relevan
VI.
Penilaian/Evaluasi
1. Jenis
Tes/Penilaian:
-
Kecakapan non
akademik seperti kemampuan berkomunikasi dalam melontarkan pendapat atau
menjawab pertanyaan
-
Kecakapan
akademik seperti mengidentifikasi berbagai jenis dokumen dan melakukan kegiatan
rangkaian dokumentasi
-
Diskusi Kelompok
-
Tes tulis
2. Jenis
tugas:
Penugasan Terstruktur
(PT): tes tulis PG dan essay
Tugas Mandiri Tidak
Terstruktur (TMTT): mencari pengertian dokumen
dan dokumentasi beserta penjabaran nya dari internet.
3. Pedoman
Penilaian
No
|
Kriteria
Penilaian
|
Bobot
|
1
|
Keberanian
|
40
|
2
|
Bahasa
|
40
|
3
|
Ketepatan jawaban
|
20
|
Jumlah
|
100
|
Nilai
= Skor nilai x 100% = 100
Jumlah skor
Mengetahui,
Kepala
SMK ……………..
………………………….
|
Bandung, Januari 2012
Guru
Mata Pelajaran
ANDY FEBRIANDY.S.pd
|
RPP
dikategorikan klasifikasi cukup baik, tetapi perlu diadakan
perbaikan/penambahan antara lain:
1. Alokasi waktu dirasa kurang cukup untuk membahas ketiga indikator tersebut, sebaiknya waktunya adalah 3x 45 menit.
2. Elemen-elemen yang ada pada RPP perlu ditambah, antara lain:
A. Tujuan Pembelajaran perlu ditambah, yaitu:
– Menjelaskan pengertian Dokumen diidentifikasi berdasar jenis-jenisnya
1. Alokasi waktu dirasa kurang cukup untuk membahas ketiga indikator tersebut, sebaiknya waktunya adalah 3x 45 menit.
2. Elemen-elemen yang ada pada RPP perlu ditambah, antara lain:
A. Tujuan Pembelajaran perlu ditambah, yaitu:
– Menjelaskan pengertian Dokumen diidentifikasi berdasar jenis-jenisnya
- Menjelaskan
fungsi-fungsi Dokumen dan penggolongan nya
serta kegiatan dokumentasi
Selanjutnya dalam menjelaskan dokumen-dokumentasi bisa lebih ditambah media yang menarik agar siwa pun merasa tertarik
Selanjutnya dalam menjelaskan dokumen-dokumentasi bisa lebih ditambah media yang menarik agar siwa pun merasa tertarik
B.
Materi ajar perlu ditambah, yaitu:
– Pengertian tentang kegiatan dokumentasi beserta penjelasannya
C. Metode pembelajaran perlu ditambah, yaitu:
– Ceramah bervariasi, demonstrasi, penugasan, tanya jawab, dan diskusi.
D. Langkah-langkah
a) Pendahuluan (8 menit) x 2
– Memeriksa kehadiran siswa
– Apersepsi: Ilustrasi tentang model dan gambaran dokumen secara nyata yag saat ini banyak dipakai dalam setiap kegiatan organisasi
– Pengertian tentang kegiatan dokumentasi beserta penjelasannya
C. Metode pembelajaran perlu ditambah, yaitu:
– Ceramah bervariasi, demonstrasi, penugasan, tanya jawab, dan diskusi.
D. Langkah-langkah
a) Pendahuluan (8 menit) x 2
– Memeriksa kehadiran siswa
– Apersepsi: Ilustrasi tentang model dan gambaran dokumen secara nyata yag saat ini banyak dipakai dalam setiap kegiatan organisasi
–
Motivasi: Menanyakan contoh dokumen
yang kalian hapal tapi belum tahu bentuknya
b) Kegiatan inti (60 menit) x 2
c) Kegiatan akhir (12 menit) x 2
– Membuat resume
– Refleksi dengan meminta siswa untuk menuliskan macam-macam nama contoh dokumen beserta jenis-jenisnya
b) Kegiatan inti (60 menit) x 2
c) Kegiatan akhir (12 menit) x 2
– Membuat resume
– Refleksi dengan meminta siswa untuk menuliskan macam-macam nama contoh dokumen beserta jenis-jenisnya
–
Memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah masing-masing secara individual
E. Alat/Sumber belajar
a) Alat pelajaran yang digunakan: masih bisa dimodifikasi atau ditambahkan agar lebih kreatif
E. Alat/Sumber belajar
a) Alat pelajaran yang digunakan: masih bisa dimodifikasi atau ditambahkan agar lebih kreatif
F.Penilaian
Belum ada kunci jawabannya.
Belum ada kunci jawabannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar